Skip to main content

Visi & Misi IKA-BTOT 19A

Ikatan Alumni Boedoet TOT 19A

Periode 2011 - 2016

VISI:
Menjadi sebuah organisasi yang mandiri, bermanfaat, bermartabat dan membanggakan.

MISI:
Mewujudkan jejaring Alumni yang kuat.
Mewujudkan sumberdaya alumni yang mandiri.
Mewujudkan kemandirian organisasi.
Memberikan keteladanan dan pelatihan keterampilan kepada pra Alumni.

MOTTO:
"Satu Untuk Semua, Semua Untuk Satu"

DASAR PENYUSUNAN PROGRAM DAN KEGIATAN
LATAR BELAKANG:
Untuk menggerakan kekuatan yang ada pada Alumni diperlukan sebuah Organisasi yang kuat, solid dan profesional. Dan untuk membentuk sebuah Organisasi Alumni yang kuat serta profesional tersebut, maka keberadaannya haruslah bermanfaat untuk Alumni, Pra Alumni dan juga Masyarakat.

Maka keberadaan IKA BTOT 19A harus diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan yang terukur serta terjadwal dimana pelaksanaannya harus didukung oleh pendanaan yang memadai, dapat dipertanggung jawabkan serta transparan. Keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan tersebut sangat ditentukan oleh integritas pemimpin yang menjalankan roda organisasi IKA BTOT 19A, kesesuian sumber daya pendukung serta kecukupan pembiayaan.

KEKUATAN:
Solidaritas yang tinggi serta rasa Persaudaraan yang telah dibina sejak masa Remaja telah menimbulkan rasa saling mempercayai dan rasa saling menghargai yang sangat melekat hingga dewasa. Rasa tersebutlah yang menguatkan jati diri komunitas ini untuk tetap eksis dan tetap menjaga hubungan silahturahmi yang terus di pupuk dan diturunkan turun menurun ke setiap angkatan yang akan datang.

KEKURANGAN:

  1. IKA BTOT 19A ini adalah sebuah elemen kecil dari elemen besar Ikatan Alumni yang ada di Jalan Budi Utomo, IKA BTOT 19A ini berdiri bukan atas kesamaan Almamater melainkan gabungan dari berbagai
  2. Almamater yang ada di Jalan Budi Utomo yang melebur dan menyatukan diri atas persamaan domisili tempat tinggal. Hal tersebut membuat ruang gerak kegiatan IKA BTOT 19A di Almamater Jalan Budi Utomo bersifat pasif dan terbatas, pasif dikarenakan aturan yang umumnya berlaku di dalam Organisasi Ikatan Alumni adalah
  3. persamaan Almamater dan anggotanya tercatat sebagai Alumni dalam buku induk kesiswaan. Karena keterbatasan tersebut membuat IKA BTOT 19A tidak dapat bekerjasama dengan Almamater untuk menjalankan roda organisasinya didalam lingkup lingkungan Almamater karena perihal keabsahan yuridis tersebut.
  4. Faktor yang mungkin menjadi penghambat ruang gerak organisasi ini adalah faktor pendanaan, dimana mayoritas Alumni BTOT 19A adalah dari kalangan menengah kebawah serta minim pengalaman berorganisasi. Hari-harinya disibukan dengan pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang selalu saja serba pas-pasan, sehingga tak ada lagi waktu untuk saling berinteraksi dalam hal kegiatan berorganisasi maupun sosial.


PELUANG:
Loyalitas dan kecintaan yang mendalam terhadap Almamater Boedoet menjadi modal yang besar untuk kita tetap berkarya di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Masih banyak bidang-bidang sosial kemasyarakatan yang dapat kami kerjakan tanpa harus bersentuhan dengan Almamater akan tetapi secara tidak langsung kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan mengharumkan nama besar Almamater di mata masyarakat luas. Disamping kegiatan

PROGRAM:

  1. Pendataan Alumni (sebaran, strata ekonomi, angkatan, profile alumni & pra alumni, usaha, strategi peningkatan sumber daya alumni dan distribusi bidang pekerjaan. Strategi ini dapat dilaksanakan dengan komunikasi intensif misalnya dengan pembuatan website, media social network (facebook, twiter, dll) dan pemberdayaan Koordinator Angkatan.
  2. Sosialisasi visi misi IKA BTOT 19A kepada alumni & pra alumni melalui suatu kegiatan yang dilakukan yang disampaikan oleh alumni yang berhasil, sehingga menjadi sebuah motifasi dan contoh sebuah kerja keras untuk mencapai kesuksesan.
  3. Pelatihan peningkatan sumber daya alumni dan pra alumni menuju pemberdayaan dan kemandirian alumni.
  4. Penguatan organisasi (struktur, organik, sarana-prasarana, keuangan, komunikasi/konsolidasi/sosialisasi, profesinalitas, transparan dan tanggung jawab).
  5. Pengumpulan dana abadi.
  6. Pembentukan Badan Usaha IKA BTOT 19A.
  7. Pengabdian dan Partisipasi: Beasiswa, bantuan untuk perkembangan pemberdayaan ekonomi keluarga alumni, bantuan/kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat.
  8. Peningkatan prestasi untuk anggota pra alumni dalam bentuk pemberiaan pendidikan kursus dan ketrampilan kerja.


PEMIKIRAN:

  1. Alumni yang paling mengetahui kebutuhan dan persyaratan dunia kerja.
  2. Alumni yang paling mengetahui kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia kerja, sehingga peran alumni penting dalam ikut mentransfer Iptek kepada pra alumni dalam upaya mencetak lulusan yang dibutuhkan dunia kerja.
  3. Intensifikasi kerjasama alumni-ikatan alumni-pra alumni.

Comments

Popular posts from this blog

Rute Bus Kota "PPD" Reguler Jaman Dulu

PPD Reguler 10 Jurusan : Terminal Blok M - Terminal Senen. Rute: Terminal Blok M - Radio Dalam - Velbak - Sudirman - Thamrin - Monas - Harmoni - Pasar Baru - Terminal Senen - Tripoli - Pejambon - Gambir - Monas - Dukuh Atas - Thamrin - Sudirman - Pakubuwono - Taman Puring. PPD Reguler 11 Jurusan : Terminal Blok M - Pejambon Rute : Terminal Blok M - Kyai Maja - Barito - Velbak - Pakubuwono - Hang Lekir - Jenderal Sudirman - Imam Bonjol - Diponegoro - Salemba Raya - Kramat Raya - Kwini II - Pejambon PPD Reguler 12 Jurusan : Terminal Blok M - Lapangan Banteng Utara Rute : Terminal Blok M - Iskandarsyah - Senopati - Bundaran Senayan - Jenderal Sudirman - Hotel Indonesia - MH. Thamrin - Merdeka Barat - Majapahit - IR. H. Juanda - Jl. Pos - Gedung Kesenian - Lapangan Banteng Utara PPD Reguler 13 Jurusan : Terminal Lebak Bulus - Pejambon Rute : Terminal Lebak Bulus - RS Fatmawati - Wijaya II - Wijaya I - Senopati - Sudirman - Imam Bonjol - Diponegoro - Salemba Raya - Kramat

Sepenggal Kisah Tragedi Boedoet Kelabu 1989

Ini sepenggal kisah pribadi yang terjadi 20 tahun yang lalu di awal bulan Oktober 1989 di jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat. Bukan bermaksud untuk menguak kembali luka lama yang telah berlalu, tapi ini hanya sebuah cermin bagi generasi-generasi berikutnya untuk lebih menghargai arti sebuah persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa. Sebagai salah seorang siswa baru di SMA Negeri 1, saya termaksud orang yang dapat berbangga hati karena dapat diterima disebuah sekolah favorit yang isinya memang banyak dari kalangan anak-anak borju dan pejabat. Mungkin diantara ratusan murid SMA 1 hanya sayalah yang kere dan tak pernah bisa berdandan rapi. Penampilan saya lebih banyak meniru tokoh novel remaja yang ngetop saat itu, Lupus. Baju selalu dikeluarkan dengan kancing bagian atas dibiarkan terbuka. Kedua lengan baju digulung walaupun tak berotot, tas dengan tali yang panjang sampai sebatas paha, sepatu capung alias Butterfly dan tak lupa celana abu-abu yang sudah dekil karena sudah semi

Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi IKA BTOT 19A

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA ORGANISASI IKATAN ALUMNI BOEDOET TOT 19A (IKA BTOT 19A) ANGGARAN DASAR MUKADIMAH Dengan rahmat Tuhan yang Maha pengasih dan Maha penyayang, serta diiringi kesadaran akan kewajiban dan tanggung jawab sebagai alumni SMA Negeri 1, STM/SMK Negeri 1, ex.STM Negeri 5 (kini SMK Negeri 4), ex.STM PGRI 4 (kini SMK PGRI 10), ex.STM PGRI 5 (kini SMK PGRI 11) dan berdomisili di jalur Bis ex.Patas Mayasari Bhakti 19A jurusan Pasar Baru - Kalimalang. Yang dahulu atau kini sekolah-sekolah tersebut berkedudukan di Jalan Budi Utomo Jakarta Pusat dalam usaha pengabdian kepada almamater khususnya dan masyarakat serta bangsa pada umumnya, sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945, maka dengan itikad luhur demi terwujudnya cita-cita tersebut, dibentuklah suatu organisasi dengan nama Ikatan Alumni Boedoet TOT 19A. BAB I NAMA, WAKTU dan TEMPAT KEDUDUKAN Pasal 1 1. Organisasi ini bernama Ikatan Alumni Boedoet TOT 19A, disingkat IKA BTOT 19A. 2. IKA BTOT 19A d